Pages

Jumat, 11 Juli 2014

Penyakit Leukimia Serta Faktor Penyebabnya

PENYAKIT LEUKIMIA SERTA FAKTOR PENYEBABNYA

Penyakit leukemia pada umumnya disebabkan karena sil darah putih yang berlebihan yang menyebabkan tidak dapat terkendali nya fungsi normal sehingga menjadi terganggu. Kanker darah, atau yang biasa nya lebih sering disebut dengan leukemia merupakan penyakit yang juga dapat disebabkan oleh proliferasi abnormal pada sel darah putih yang menyebabkan kanker pada pembuluh darah. Bahasa Leukemia berasal dari 2 bahasa yunani, yaitu leukos (putih) dan haima (darah). Biasa nya penyakit leukemia ini menyerang dua orang penting yang ada dalam tubuh manusia. 


penyakit leukimia


Bagian itu adalah jaringan getah bening dan juga sumsum tulang. Pada kondisi ini, proses regenerasi sel adalah sebagai berikut : sel-sel yang terdapat dalam tubuh akan terus bertumbuh, kemudian semakin berkembang dan akhirnya membelah dirinya untuk membetuk sel baru. Sel baru yang banyak terbentuk guna menggantikan sel-sel tubuh yang sudah tidak berfungsi secara optimal. 

Namun diketahui pada leukemia, sel-sel baru akan terus bertumbuh walaupun tubuh sudah mendapatkan sel yang cukup. Sama hal nya dengan sel-sel tua yang tidak kunjung mati. Karena hal itu, menyebabkan sumsum pada tulang akan terus menghasilkan sel-sel darah putih sehingga mesesak sel-sel lain yang belum mati. Beberapa factor yang mempengaruhi terjadi nya leukemia diantaranya factor genetic, virus, bahan kimia, radiasi dan leukemia sekunder. 

Gejala ini biasa nya muncul saat seseorang menderita leukemia adalah sakit pilek yang lama sekali untuk sembuh dan juga biasa nya disertai oleh sakit kepala. Kemudian biasa nya penderita mudah mengalami lesu dan wajahnya menjadi pucat, berat badan menurun drastic, sangat mudah mengeluarkan darah dan memar jika sedikit saja bertabrakan dengan sebuah benda, sering kali juga mengalami nyeri di bagian tulang dan persendian.

PENYEBAB PENYAKIT LEUKIMIA

Leukemia tidak dapat disebabkan oleh factor keturunan atau genetic. Ini karena kondisi sel reproduksi darah putih dari setiap orang berbeda-beda. Belum lagi kinerja dari sumsum tulang kita yang terkadang seringkali mengalami perubahan secara tiba-tiba tanpa tau apa penyebabnya

Berikut beberapa penyebab yang dapat melatarbelakangi sumsum pada tulang memproduksi sel darah putih dalam jumlah yang banyak, sehingga menyebabkan leukemia

Virus Human T-Cell Leukemia Virus-1

Virus ini merupakan virus penyebab penyakit AIDS. Virus ini sangat susah untuk dideteksi. Selain virus ini, jenis virus lain nya yang menjadi penyebab adalah retrovirus dan leukemia feline.

Sindroma mielodisplastik

Sindrom ini merupakan kelainan dari pembentukan sel darah yang berupa berkurangnya tingkat kepadatan pada sel dalam sumsum tulang. Penyakit ini juga sering disebut dengan pre-leukemia. Pre-leukemia yang lebih lanjut akan sangat beresiko menjadi leukemia

Merokok

Bagi anda yang merupakan seorang perokok, sebaik nya anda mulai membiasakan untuk berhenti dari kebiasaan anda tersebut. Karna menurut hasil penelitian, merokok dapat menjadi penyebab seseorang terkena nya penyakit leukemia. Belum lagi ditambah dengan pajanan terhadap zat kimia benzene dan formaldehida.

Kemoterapi

Jika anda pernah mengalami kanker, dan kemudian melakukan pengobatan dengan cara kemoterapi, kemungkinan anda akan mengalami penyakit ini juga. Apalagi jika kemoterapi anda dilakukan dengan jenis kemo alkylating agents. Jadi jika anda harus melalui kemoterapi ini, anda akan memerlukan pemeriksaan lebih lanjut dengan mempertimbangkan ransio manfaat pada tubuh anda dan resikonya.

Radiasi

Hal ini juga dapat menjadi suatu penyebab penyakit kanker darah. Radiasi pada bom atau nuklir dapat memicu seseorang terkena penyakit kanker ini. Sama hal nya dengan terapi medis yang menggunakan radiasi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About